Kamis, 10 Februari 2011

Penerapan Jaringan Komputer

Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin maju, jaringan komputer sudah tidak asing lagi. Dengan jaringan komputer kita bisa menghubungkan satu atau beberapa komputer dengan satu jaringan yang bisa tukar menukar data dan informasi menjadi lebih cepat dengan komputer lain. Jaringan komputer dapat diterapkan di berbagai bidang, tetapi yang akan saya bahas disini hanya 4 bidang, yang terdiri dari:
a. Dunia Bisnis
Menurut saya, penerapan jaringan komputer pada dunia bisnis biasanya digunakan pada perusahaan/kantor. Jaringan komputer digunakan oleh para pegawai kantor untuk mengirim dan menerima laporan dan data ke komputer lain melalui jaringan komputer tanpa si pegawai harus berpindah tempat. Pegawai dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat dan mudah. Teknologi jaringan komputer juga akan memberikan dampak yang positif untuk pegawai selama dia tidak menyalahi peraturan yang ada, seperti hacker.
b. Dunia Perbankan
Pada dunia perbankan, jaringan komputer digunakan dalam hal transaksi keuangan. Contohnya adalah ATM (Automatic Teller Machine). Kita tidak perlu datang ke Bank untuk mengambil uang tetapi hanya dengan ATM kita
dapat mengambil uang yang kita inginkan dimana saja hanya dengan menggeseknya. Selain itu, kita juga bisa mentransfer uang pada jarak yang jauh. Tidak hanya itu saja, kita juga membayar tagihan-tagihan melalui ATM. Sungguh mudah sekali bukan.
c. Mobile User
Pada mobile user, jaringan komputer sudah tidak asing lagi. Kita dapat mengakses internet langsung di hp kita. Seperti Yahoo Massenger, Facebook, dll. Kita bisa bertukar foto, musik, video dengan teman kita dengan waktu yang cepat.
d. Home
Jaringan komputer dapat juga diterapkan di rumah. Awalnya manusia membeli komputer hanya digunakan untuk pengolahan kata dan permainan. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kini komputer di rumah kita dapat dengan mudah mengakses internet menggunakan modem, speedy dari telkomnet, dll. Jika kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Manfaatnya menjadi praktis dan efisien, selain itu kita tidak perlu berebut menggunakan internet dengan keluarga. Pada penggunaan printer juga menggunakan jaringan komputer misalnya seperti di warnet. Di warnet terdiri dari banyak komputer tetapi printernya hanya satu. Printer tersebut telah di share dari berbagai komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar